Hijab Cantik Nan Syar'i

3:44 PM
"Hijab membuat saya merasa lebih cantik dan nyaman.." Begitulah perkataan yang sering saya dengar dari para Hijabers yang berhijab karna kesadaran penuh sebagai muslimah yang wajib menuruti perintah Allah SWT untuk menutup auratnya.


Apa ya yang menjadi dasar perintah Allah SWT bagi para muslimah untuk berhijab? Berikut beberapa ayat dalam Al-Qur'anulkarim yang berisikan perintah berhijab.

Pertama, QS. al-A'raf ayat 26, "Hai, anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat."
Selain itu perintah berhijab juga tercantum dalam QS. Al-Ahzab ayat 59, "Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istri orang mukmin, 'Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.' Yang demikian itu supaya mereka mudah dikenali, oleh sebab itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Itulah beberapa penggalan ayat Al-Qur'an yang memerintahkan seluruh muslimah untuk menutup auratnya. Dan masih banyak lagi ayat-ayat serupa lainnya. Jadi, jelas sekali bahwa hijab adalah suatu keharusan bagi setiap wanita muslimah.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki perkembangan pesat dalam dunia fashion berbusana muslim. Begitu banyaknya desainer-desainer yang berhasil mendesain busana muslim sehingga menjadi trend baik di dalam negeri maupun luar negeri. Berhijab sama sekali bukan penghalang untuk tetap cantik, dengan appearance yang modern. Dibuktikan dengan banyaknya hijaber yang sekarang juga merambah dunia modelling. Prototipe tentang model yang akrab dengan pakaian minim, ketat, dan terbuka yang sama sekali jauh dari cermin seorang muslimah sepertinya telah terbantahkan. Saat ini, bahkan seorang muslimah dengan hijab yang menutup seluruh tubuh pun dapat menjadi seorang model, dan tampil cantik di depan publik serta menjadi inspirasi banyak orang.

Jadi, bagaimana cara agar berhijab cantik dan sesuai syar'i? Tentunya meskipun mengenakan kerudung yang modis, seorang muslimah patut untuk memperhatikan apakah sudah sesuai ketentuan yang ditetapkan dalam Islam. Sangatlah tidak padannya pakaian yang bagus dipandang mata manusia, tetapi tidak dalam pandangan Allah SWT. 
Hal yang pertama adalah menyadari bahwa pada dasarnya hakikat berhijab adalah untuk menutup aurat. Jangan mengkreasikan kerudung terlalu berlebihan ataupun berkerudung tetapi berpakaian yan membentuk lekuk tubuh. Usahakanlah berkreasi dengan tetap menjaga kesantunan dan kaidah berhijab yang benar.

Hal yang kedua, bersikaplah kritis. Maksudnya bersikap kritis adalah mampu menelaah dan memilih model hijab yang yang seperti apa yang sesuai syar'i. Jangan hanya menjadi mainstream, dengan mengikuti model-model kerudung yang sedang trend. Singkatnya, jadilah muslimah yang cerdas dan tetap up to date.

Hal yang ketiga, yaitu hal yang terpenting adalah teruslah mempercantik rohani kita dengan terus-menerus belajar mengenai Islam. Dengan ilmu yang baik, maka tingkah laku kita pun akan menjadi baik. Sesunnguhnya, letak kecantikan itu adalah pada hati yang dicerminkan oleh tingkah laku. 

Keep beauty and make the world beauty due to Islam :)
Wassalamualaikum.....


Pic source : media.zoya.co.id

No comments:

We may share everything which is good rite here. Please behave by giving good comment without any discrimination. Thanks..... ;)

Powered by Blogger.