Peringatan Hari Bumi, Wujud Cinta Bumi

4:18 PM
Peringatan Hari Bumi 2013, Animasi Google Doodle, 22 April, Peringatan Hari bumi wujud cinta bumi
Bagi yang hari ini browsing dengan Search Engine Google, akan menemukan tampilan awalnya yang berupa tampilan bumi. Yapp, Google memang sengaja mendedikasikan Google Doodle animasi untuk memperingati Hari Bumi Internasional atau International Earth Day.

Well, dari namanya semua orang mungkin sudah dapat menebak maksud peringatan Hari Bumi tersebut. Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Tentunya bukan sekedar peringatan saja, tetapi lebih bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi masyarakat terhadap bumi dan terutama kepedulian terhadap masalah yang tengah dialami bumi kita saat ini.

Hari bumi dicanangkan oleh seorang Senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson pada tahun 1970 yang notabene juga seorang pengajar lingkungan hidup. Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere atau Bumi Belahan Utara dan musim gugur di Bumi Belahan Selatan. PBB sendiri juga menyatakan dukungan atas gagasan ini. Hingga sampai saat ini, setiap tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia. Kini Hari Bumi diperingati oleh lebih dari 175 negara di dunia dan dikoordinasi oleh Jaringan Hari Bumi atau Earth-Day Network.

Hari Bumi Sedunia pada tahun 2013 ini merupakan peringatan yang ke-13. Sedangkan di Indonesia sendiri Hari Bumi juga turut mengundang berbagai aksi. Berbagai organisasi anak muda hingga Mahasiswa dan pelajar pun menyelenggarakan peringatan Hari Bumi 2013. Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain Gowes atau kegiatan bersepeda, Pengobatan Gratis, Penanaman Pohon, Seminar Lingkungan, Olimpiade Geosains dan Geografi, Kampanye Lingkungan Hidup, serta menggelar Pawai dengan tema kostum Ekologi.

Wahh, ternyata masyarakat Indonesia juga turut berpastisipasi memperingati Hari Bumi, mengingat betapa berartinya linkungan bumi kita sehinggan menjadi kewajiban bagi setiap manusia untuk melestarikannya. Nah, sudahkah kamu memperingati dan beraksi untuk Bumi Kita?

No comments:

We may share everything which is good rite here. Please behave by giving good comment without any discrimination. Thanks..... ;)

Powered by Blogger.