Serba-serbi Pengajuan Naik Limit Kartu Kredit BCA

11:04 AM


Hello there! How's life doing on December? Ready to welcome new year?

Kali ini pengen ngomongin tentang kartu kredit, khususnya mengenai pengalaman pengajuan kenaikan limit salah satu Bank sejuta umat yang cabangnya menjamur di seantero negeri. Yeah, it's Bank Central Asia alias BCA. Bahkan Bank ini dinobatkan sebagai Bank yang paling sulit buat ditembus pertahanannya dalam soal pengajuan aplikasi kartu kredit terutama bagi yang masih newbie atau baru pertama kali apply CC (baca: Kartu kredit). Yeah, tapi Alhamdulillah yahh (syahrini mode on :P), kartu kredit pertama saya adalah dari Bank ini malahan bukan hasil meminta permohonan apply sendiri tapi ditawari oleh BCA. Etapi tapi limit awalnya agak agak miris gimana gitu, mepet banget soalnya hikss hikss.... Nah karna itulah akhirnya saya dengan tekad bundar eh bulat memutuskan buat ngajuin KENAIKAN LIMIT! *hands up yeahhh

Awalnya pakai CC BCA selama 6 bulan kok ya ngenes amat mau dipakai beli barang onlen dengan skema cicilan 0% eh si limit udah mendekat garis finish. Jadinya selalu maju mundur tidak cantik setiap ada niatan mau beli sesuatu. Terakhir jadi mikir, bisa gak sehh limit nih CC dinaikin lagi gitu biar sayahh gak puyeng mikirnya kalau mau belanjaa fiuhh..

Sebenernya niatan ini muncul secara tiba-tiba karena mendekati bulan ke enam pemakaian, ada CS yang telepon katanya setelah 6 bulan pemakaian di bulan November nanti ibu sudah bisa mengajukan kenaikan limit karena status kreditnya selalu lancar. Ahhh, ini kayak pencerahan atas permasalahan selama ini... ulalaaa beibehh kenapa gak coba ngajuin ajahhh?? akhirnya kucoba dengan Bismillah...

Pertama-tama dan yang paling utama, saya menghubungi Halo BCA via email yang isinya curcolan permohonan kenaikan limit CC BCA saya per tanggal 2 Desember 2016. Ternyata responnya cepet banget cyinn, gak sampai setengah jam email saya sudah direply (gak selama nungguin balasan gebetan.. ett dah keceplosan :P). Berikut isi email balasan dari Halo BCA.

Berkenaan dengan perihal tersebut, kami informasikan bahwa kami telah menerima email yang Ibu Jenilda Melyana kirimkan pada hari ini tanggal 02 Desember 2016 perihal naik limit.  Mohon kesediaan Ibu untuk menghubungi layanan Contact Center Officer Halo BCA 1500888 untuk proses pengajuan kenaikan limit karena memerlukan verifikasi data melalui telepon. Dapat kami informasikan bahwa sesuai dengan ketentuan baru saat ini untuk proses permohonan kenaikan limit, mohon kesediaan Ibu untuk menyertakan kelengkapan dokumen slip gaji bukti pendapatan ( karyawan ) atau rekening tabungan / rekening Koran 3 bulan terakhir ( wiraswasta ) dan NPWP melalui attachment email halobca@bca.co.id  dengan format file .pdf atau .JPG. Mohon pastikan kondisi kartu kredit Ibu dalam kondisi normal (tidak over limit, tidak terblokir karena keterlambatan bayar) dan jika kenaikan limit mempengaruhi jenis kartu maka besaran nominal Uang Iuran akan berubah. Pastikan pula bahwa usia kartu kredit BCA adalah minimal 3 bulan dan setelah 3 bulan kepemilikan kartu, maka untuk permohonan kenaikan limit tetap, selanjutnya tidak ada lagi batasan waktu pengajuan (dapat diajukan sewaktu-waktu).
Oke dahh akhirnya 6 hari kemudian tanggal 8 Desember, saya kirim balasan email dengan persyaratan NPWP dan slip gaji 3 bulan terakhir. Dan belum sama sekali menghubungi Contact Centre Halo BCA kayak yang dianjurkan sebelumnya. Ngetes aja sih apa bisa prosesnya via email ajaa (ngetes? ujian kali ahh). Lagi-lagi tak berapa lama email saya dibalas dengan cepat. Keep up good work, BCA for fast responsiveness... 

Terima kasih atas kepercayaan Ibu telah menjadi nasabah PT Bank Central Asia Tbk dan telah menghubungi kami melalui layanan email korespondensi halobca@bca.co.id menindaklanjuti perihal tersebut, kami telah menerima dokumen yang Ibu kirimkan pada hari ini tanggal 08 Desember 2016 kami telah menerima dokumen yang Ibu kirimkan perihal naik limit  berupa :-          NPWP
-          Slip Gaji
 Namun untuk dapat memproses laporan yang Ibu sampaikan mohon kesediaannya untuk menginformasikan kepada kami nomor laporan dari Halo BCA Apabila Ibu Jenilda belum melakukan pengajuan dan pembuatan laporan melalui HaloBCA mohon kesediaan Ibu untuk menghubungi Halo BCA.
 Permohonan Ibu akan kami tindaklanjuti setelah dokumen tersebut di atas telah kami terima dengan lengkap dan jelas.

And... ternyata oh ternyata tetep wajib kudu menghubungi contact center Halo BCA untuk verifikasi karena mereka perlu nomor laporannya. Hikss.. padahal ngarepnya bisa via email aja gituu biar kagak habis pulsa. Kan sayang cyinn, ehh keceplosan lagi dah..

Keesokan harinya nih tanggal 9 Desember jadilah saya telepon Halo BCA di 1500888. Bla..bla..bla.. singkat cerita akhirnya didapatlah nomor laporan dan Customer Service-nya bilang proses akan memakan waktu 21 hari kerja. Hampir sebulan nih cyinn.. -_-'

Tanpa buang waktu lagi saya email ke halobca@bca.co.id mengenai informasi nomor laporannya plus ke alamat email yang diinformasikan CS-nya di dokumen_cc@bca.co.id. Biarinn ahh biar cepat responnya, email aja dua-duanya... Dan tak berapa lama kembali dapet email balasan yang isinya dokumen sudah diterima dan akan laporan akan jatuh tempo pada 21 Desember 2016.

Hari demi hari silih berganti dan gak terlalu dipikirin juga sih secara masih lama ini. Eh tau-tau pagi ini dapet telepon dari BCA untuk konfirmasi mereka mengabulkan kenaikan limit tetap sebesar 60% dari limit awal. Yahh, meskipun pengajuan awal 100% tapi mayan dahh bisa naik 60% udah Alhamdulillah daripada kagak sama sekalihh. Tapi salut sih BCA ini responnya cepat dan tanggap, Customer Service-nya juga profesional. Ehh.. ini promo tidak berbayar lohh pemirsa hanya curcolan nasabah yang terpuaskan *kecupp-kecupp

Nahh, tinggal nunggu deh kapan officially naik limit-nya. Gak sabar untuk segera menggeseknyaaa *duilehh biar nanti malam mingguan bisa nonton hemat Buy 1 Get 1 Free gitu atau promosi lainnya nih ;) 

Udah ahh, capek ngetik.... Semoga bermanfaat yaaa :)







33 comments:

  1. Trimakasih sharingnya, mau saya coba juga, secar sudah 6 tahun gak naik limit (mungkin karena pemakaian yg kurang banyak).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. untuk pemakaian yang kurang banyak kayaknya gak juga soalnya saya sendiri juga kurang dari 50% malah. Cuma salah satu faktor yang menentukan adalah status kredit Lancar. Good Luck, semoga disetujui ya permohonannya :)

      Delete
  2. Hai mbak Jeni, sama deh aku pun juga dapet limit yang kurkur banget rasanya, tergiur sm cicilan 0% dimana-mana yakaaann. Aku mau tanya, utk permohonan kenaikan limit kan salah satu syaratnya melampirkan slip gaji terakhir ya. Kalau misalnya slip gaji kita masih sama spt waktu pengajuan awal itu pengaruh gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello,

      Untuk besaran gaji yang masih sama dengan waktu pengajuan, saya juga gak terlalu paham berpengaruh gaknya soalnya di saya dulu pengajuan tanpa memberikan salinan slip gaji karena memang ditawari dari BCA. Tapi secara umum yang diketahui, pastinya besaran gaji ikut berpengaruh. Hanya bukan menjadi satu-satunya parameter yang dinilai oleh Bank untuk menaikkan limit. Faktor penentu lainnya seperti status kredit selama ini apakah Lancar, kemudian besarnya persentase pemakaian dan tentunya status di Bank Indonesia pada saat ini. Jadi sebaiknya diajukan saja terlebih dahulu. Semoga berhasil :)

      Delete
  3. Setelah pengajuan pertama dan di acc naik limit, selanjutnya tidak ada batasan lagi? jadi sebulan kemudian mau mengajukan naik limit juga bisa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello,

      Kalau untuk pengajuan ulang setelah pengajuan kenaikan limit pertama saya juga kurang paham berapa lama. Tapi pengalaman saya pribadi untuk pengajuan pertama 6 bulan setelah aktivasi dan penggunaan kartu kredit. Sepertinya perlu dilihat apakah pengajuan naik limit pertama disetujui atau tidak. Jika disetujui biasanya bisa berupa 2 kategori: pertama, kenaikan temporary selama beberapa bulan atau kenaikan limit permanen. Mungkin hanya dalam hal pengajuan pertama tidak disetujui maka bisa dicoba mengajukan kembali di bulan berikutnya. Sebaiknya untuk lebih jelasnya ditanyakan langsung ke CS Bank.

      Delete
  4. Kl tanpa slip gaji bisa nggak mbak...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Definitely gak bisa mas. Karena merupakan syarat utama pengajuan yang wajib dipenuhi.

      Delete
    2. Bu sy juga baru memiliki kartu kredit bca..sy ukm..ga pnya slip gaji..gimana dong...

      Delete
  5. Wah makasih bgt mba jenilda infonya, saya baru mau ngajuin kenaikan limit cc bca saya, itu proses kenaikan limitnya 21hari ya mba, lama juga ya..hahaha.. Selamat gesek-gesek ya mba dgn promo" bca dimana-mana ya mba dan cicilan 0% 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello,

      Alhamdulillah kalau bermanfaat :)
      Iya proses formilnya memang diklaim 21 hari. Tapi kemarin pengajuan saya di tanggal 9 Desember, di tanggal 14 Desember sudah diinformasikan bahwa limit CC sudah naik. Saya cek di KlikBCA juga limit sudah diupgrade hari itu juga. Jadi total hari selama 5 hari.

      Delete
    2. Hihihi..cpt ya mba prosesnya, aku udah ngajuin kenaikan limit,tp sampai hari ini belum ada kabar beritanya .huhuhu.. waktu itu mba jeni kirim dokumennya ke dokumen_bca@bca co id ? Kok aku blm di respon ya udh hampir mau 2minggu,semua data udah lengkap + no id laporan ajuan limit dr halo bca 😔 ada kemungkinan di tolak ga si mba ? Besaran gaji menentukan naik limitnya brp % ya mba ? Maaf ya mba jeni aku jd bnyk nnya😂

      Delete
    3. Haloo mbak Wina,

      Mungkin bisa dicek lagi alamat emailnya mbak. Email addressnya: dokumen_cc@bca.co.id. Oh ya, sekalian di-cc juga ke email halobca@bca.co.id. Kalau masih belum ada respon juga, mungkin bisa menghubungi Halo BCA via telepon langsung. Nah, untuk pertanyaan terakhir kayaknya bisa ditanyakan langsung ke CS BCA-nya. Hihihhi.. Semoga membantu :)

      Delete
    4. Hihihi.. Bnr kata mba jeni, aku email ke halobca@bca.co.id, fast respont bls emailnya gpk itungan jam.. Semoga proses kenaikan limit cc aku di approve oleh pihak bca😇 mksh banyak ya mba jeni udah luangin waktunya untuk reply comment aku dan infonya berguna bgt.. Maaf yaa mba jeni, klo aku banyak" nnya dr kmrn..hihihi😂😊

      Delete
    5. Sama2, mbak Wina. Amin, semoga disetujui pengajuannya :)

      Delete
  6. Allow mba..mau tanya klo utk mnta kenaikan limit apa harus buat surat pernyataan dulu?dan alasan meminta kenaikan limit itu ditanyakkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas,

      Bisa dibaca di atas persyaratan yang diwajibkan untuk pengajuan kenaikan limit: slip gaji 3 bulan terakhir (utk karyawan) atau print out tabungan/rekeing koran (utk wiraswasta/non karyawan) dan NPWP. Tidak perlu Surat Pernyataan. Untuk alasan kenaikan mungkin bisa diinformasikan saat menghubungi via Halo BCA sebagai bahan pertimbangan Bank untuk menaikkan limit.

      Delete
  7. Nah sya skrg justru bingung krn secara mendadak, tak terduga dan tiba-tiba saja siang ini saya dpt sms dari bca yg mnyatakan limit cc saya naik 30%.. Pdhal ga ngajuin knaikan... bca emang baik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mengajukan naik limit 100% dari limit sekarang, di-acc kalau gak salah 3 hari via Mobile banking di fasilitas M-Admin. maximal berapa % dari limit ya kenaikan limit itu? saya cuma iseng coba naik limit, eh malah disetujui full 100%. ini kenaikan sementara atau permanen ya? pemakaian baru 11 bulan, cuma memang status kredit lancar dan cuma sekali bayar minimal, sisanya bayar full payment dengan limit pemakaian diatas 80% tiap bulan.

      Delete
    2. Menurut saya, selain kelancaran juga karena pemakaian yg besar sehingga disetujui naik 100%.
      Saya ngajuin naik 100% cuman dikasih 30%, padahal sudah 5 tahun lebih lancar terus.
      Hanya saja pemakaian dibawah 5% terus karena hanya buat bayar tivi berbayar doank,hue..hue..hhe..

      Delete
    3. limit permanen ternyata, barusan abis ke bca tanya ke cs ternyata kenaikan limitnya permanen. bisa mengajukan naik limit lagi 3 bulan kemudian

      Delete
    4. Waah dari app m-admin cepet jg ya? Jadi ga hrs telp ke halo bca kan? Saya jg iseng coba mengajukan kenaikan limit cc via app bca mobile

      Delete
    5. Kl pakai mobile bangking syarat nya apa aja gan??🙏🙏

      Delete
  8. Klo baru 1 bulan bisa di ajukan naik limit gak ya gan?

    ReplyDelete
  9. Misal 1thn pertama pembayaran jelek bgt misal sering telat bayar bbrp bulan itu gmn ya apakah ada kesempatan naik limit dgn perbaiki pembayaran dgn lancar untuk selanjutnya???

    ReplyDelete
  10. Misal 1thn pertama pembayaran jelek bgt misal sering telat bayar bbrp bulan itu gmn ya apakah ada kesempatan naik limit dgn perbaiki pembayaran dgn lancar untuk selanjutnya???

    ReplyDelete
  11. lumayan tuh, kalau beli-beli saya suka manfaatin cicilan 0% jadinya tiba-tiba limit cc full. Mau ajukan kenaikan limit cc, thx gan infonya :)

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Saya kmaren request limit 100% dr limit skrg via M- BCA di fasilitas M-Admin cepet qo... Hanya butuh waktu 3 hari...
    Walau akhir'a hnya dpt 30% ... 😊 ALHAMDULILLAH ....
    Coz CC BCA nya baru aktip 4bln...
    BCA memang BAIK ... The Best lah BCA
    😍

    ReplyDelete
  14. maaf mbaa saya kenapa di tolak untuk permohonan kenaikan limit kreditnys.padahal selalu lancar sya. berati tidak jamini untuk pembayran nyablancar bisa naik limit kreditnyaa.. sedikit kecew juga sih saama Bank BCA.. terimaa kasih

    ReplyDelete
  15. saya bram bastiann.081288866683

    ReplyDelete

We may share everything which is good rite here. Please behave by giving good comment without any discrimination. Thanks..... ;)

Powered by Blogger.