Short Trip Singapore - Batu Caves KL - Genting Highland

9:40 AM
Ini sebenernya trip edisi lebaran Idul Fitri Juli kemaren, cuma karena lupa males yah baru sekaranglah di-post di blog. Penyakit paling gawat ya males emang. Ini pun perkara memori hp udah hampir penuh jadi mesti hapus-hapusin foto lama. Yah daripada dibuang sayang, mendingan simpen di blog sekalian jadi dokumentasi biar gak lupa ntar. Inilah yang disuka dari ngeblog, selain jadi media sharing sekalian jadi reminder atau catatan pengingat buat diri sendiri dong :)

Jadi lebaran hari kedua yang biasanya pasti dilewatkan sama keluarga di Batam aja buat silaturahim akhirnya di-skip dulu lebaran kali itu buat nge-short trip ke seberang. Sekalian nganterin nenek ke rumah saudaranya di Sg, saya pun berencana ngabisin 1 hari itu buat flash trip sampai malem trus besoknya cuss lanjut ke KL.

Hari itu setelah sampai sekitaran jam 10 pagi waktu Singapur, saya janjian dengan seorang temen Couchsurfer yang bersedia nemenin jalan-jalan aka keliling-keliling. Kami janjian di Sentosa dengan tujuan ke Palawan Beach. Jangan tanya gimana Sentosa hari itu secara ya hari libur lebaran jelaslah rame banget sampai free shuttle bus yang kami tumpangi buat ke Palawan Beach itu penuh sesak. Kami pun sukses berdiri sepanjang perjalanan. Cara buat naik bus ini adalah pergi ke basement pas di depan Universal Studios jalan agak ke dalam nanti ada antrian deket vending machine. Tinggal ikutan antri dan naik deh tanpa perlu bayar!

Palawan Beach, Sentosa

Pretty Sunset, isn't it?

Sesampainya di Palawan Beach ini hari udah sore, matahari hampir tenggelam. Kami jadinya duduk-duduk di pinggir pantai sambil ngeliatin sunset yang cantik. Kalau ditanya gimana pantai Palawan di Sentosa ini? Biasa aja sih, penampakannya dengan pantai asli pada umumnya. Cuma ya ini rame banget trus buatan manusia secara di Batam kan pantai itu buanyaak yang masih belum terjamah turis pun ada. Jadi ya si Palawan Beach ini B- aja, cuma ngeliatin sunset dengan latar gedung-gedung tinggi Singapur sih tetep enchanting

Spectra - Light and Water Show

Nah, kelar dari sini kami lanjut ke Marina Bay Sands demi nonton pertunjukan Laser Show. Jadi kita lanjut lagi naik free shuttle bus. Pas sampai di MBS, langsung cari spot pewe buat nonton. Lupa sih waktu itu show-nya mulai jam berapa, kalau gak salah sekitaran jam 7 malam dan cuma berlangsung selama 15 menit. Awalnya sih wow yaaa, tapi lama-lama bosenin manalah rame eh plus pas capek pula. Tapi beneran ini worth to see sih kalau lagi ke Singapore, gratis ini hehe.

Tip: Dateng agak awal sebelum show dimulai biar dapet tempat paling depan biar bisa ngerasain sensasi percikan air dan view yang lebih jelas.

Semalam habis kelar dinner dan langsung balik istirahat karena besok mesti lanjut ke KL. Iya sih bisa tidur di bus 5 jam-an lebih dari Singapore ke KL. Tapi mana enak tidur di bus, kalau tidurpun gak bisa leluasa. Sekitar jam 9 pagi saya udah standby di Golden Mile Tower yang merupakan starting dan finish point buat bus-bus jurusan Kuala Lumpur, Melaka, dan kota-kota di Malaysia lainnya. Waktu itu saya beli tiketnya online karena mepet banget sisa 1 seat dengan harga SGD 20. Setelah nukerin tiket di konter, nunggu beberapa menit bus pun akhirnya tiba. Lumayan on-time sih kalau dibandingin dengan bus ke KL yang berangkat dari Larkin Johor Bahru, molornya bisa sejam errrghhh!!!!

Sampai di TBS langsung ke KL Sentral naik KTM trus naik Grab dengan tarif RM 6 ke Metro Hotel KL Sentral. Sebenernya ke hotel ini bisa jalan kaki sih, tapi karna gak kuat lagi yaudahlah ya secara yang udah terbayang-bayang waktu itu cuma makan trus tidur. Setelah beli makan malam, check-in hotel langsung deh tidur ngumpulin energi buat besok.

Batu Caves, Gombak, KL

Besoknya pagi-pagi banget setelah check-out dan seorang temen udah nungguin di luar buat jemput dan akhirnya kami langsung meluncur ke Batu Caves. Perjalanan dengan mobil pribadi dari KL ini hampir sejam-an sih atau bisa juga dengan opsi lain naik KTM komuter dari KL Sentral langsung ke Batu Caves di stasiun terakhir. Sampai di sana masih pagi sekitar jam 10, tapi puanass pake banget. Manalah udah rame. Tapi udah kepalang tanggung sih saya lanjut naik anak tangga yang jumlahnya ratusan itu demi melihat di puncak goa ini. Oh ya, ke Batu Caves ini gratis. Trus infonya baru-baru ini anak tangganya dicat warna warni gak kayak pas saya ke sana masih polos aja warnanya. Artinya yang sekarang jadi lebih menarik nih.

Tip: Sedia air minum dan tisu/sapu tangan buat lap keringat karena kamu pasti capek. Gak perlu buru-buru pas mendaki, cukup pelan-pelan nanti berhenti di tengah-tengah trus lanjut lagi. Oh ya, pengunjung wajib pakai celana atau rok panjang bagi perempuan ya. Pokoknya mesti tertutup karena ini Batu Caves ini semacam tempat peribadatan umat Hindu, mungkin tujuannya biar menghargai mereka yang lagi beribadah (CMIW).

Cable Sky, Genting Highland

Gak menghabiskan waktu lama di Batu Caves, mungkin sekitar sejam lebih aja kami pun lanjut ke Genting. Kurang tau sih gimana transportasi publik buat ke Genting ini tapi waktu itu saya lihat banyak banget bis-bis cuma gak tau start-nya darimana. Mungkin kalau di Indonesia ini Genting itu kayak Puncak dan Jakarta gitu, nah ini padanannya Genting dan KL. Karena letaknya di dataran tinggi ya pastilah di Genting ini hawanya dingin banget. Bahkan siang-siang bolong aja masih berkabut cobaaa ahhh, sukaaaa :D Jadi kangen menyeruput kopi sambil ngeliatin pemandangan berkabut trus disergap hawa dingin di sekeliling.

Mumpung masih belum rame banget, kami akhirnya antri buat naik Cable Sky. Tiketnya kalau gak salah ada yang Two-ways atau One way

Look at the foggy sky!

Nah antrian balik Cable Sky ini puanjangggg banget. Waktu itu kira-kira sekitar sejam gitu buat ngantri balik. Kaki udah gempor banget. Setelah makan malam, dianterin temen buat ke hotel yang beda dari kemaren. Malam kedua itu saya nginep di My Hotel @ Sentral, KL Sentral yang letaknya cuma sebelahan dengan Metro Hotel yang kemarin malam. Tapi Metro Hotel lebih recommended sih (Concierge-nya super ramah pula) daripada My Hotel @ Sentral ini. Drama dimulai pas saya mau check-in, eh statusnya di-CANCELLED secara sepihak! Alasannya karena saya gak konfirmasi di agoda mau sampai jam berapa. WHAT THE? Ini bukan pertama kalinya saya booking via Agoda, dan biasanya juga gak perlu konfirmasi jam kedatangan segala. Selama kita gak cancel booking di aplikasi, ya mestinya booking-an tetap valid.

Karena udah capek banget, males nyari hotel lagi akhirnya mereka nawarin ada 1 kamar single bed dengan harga yang lebih tinggi daripada aplikasi. Totally disappointing sih ini hotel, indeed not a chance for coming back!!!!

Tip: Sediain waktu dari pagi buat naik cable sky ini karena antrian belum begitu rame.

Besok harinya rencananya masih mau ngabisin 1 hari lagi buat eksplor KL, tapi sayangnya karena ada alasan lain saya mesti balik hari itu juga dari pagi ke Singapur trus lanjut ke Batam. Pheww, this short trip had bitter and sweet experiences and memory on it! Yet, I was pretty joyful :)