Apa Untungnya Jadi Local Guide?

2:06 PM


Bukaann, ini bukan tour guide pemandu wisata lokal yaa. Tapi maksudnya Google Local Guide alias jadi tukang review tempat-tempat yang ada di Google Maps.

Siapa yang kalau mau ke mana-mana atau tempat baru yang gak ada alamatnya pasti ngandelin mbah Google Maps? Atau kepoin review suasana tempatnya dari referensi orang-orang yang udah ke sana. Nah, orang-orang tukang review itulah yang dipanggil sebagai Google Local Guide.

Ngereview gitu? Rajin amat! emang dapet bayaran? Para pejuang local guide ini emang gak dibayar sih, gak kayak youtuber yang dapat adsense. Tidak, pemirsahh! Trus kalau gak ada untung apa-apa ngapain bela-belain kasih review. Yahh, kalau saya pribadi sih karena saya suka aja gitu terus karena pengen kasih timbal balik juga ke orang lain. Berhubung in my case setiap sebelum saya mengunjungi suatu tempat, saya pasti cek di google dulu entah itu nyari persis letak lokasinya ataupun baca-baca referensi orang yang pernah berkunjung. Jadi bisa dipastikan review-review itu sangat berkontribusi besar buat orang lain. Nah, kalau saya dapat manfaat dari review orang-orang itu, kenapa saya sendiri juga gak ikutan berkontribusi gitu loh.

Tapi eh tapi meskipun gak literally dibayar secara langsung, Google tetap mengapresiasi effort dari para local guide ini dengan pemberian gift baik itu yang bentuknya non fisik (voucher tiket pesawat, voucher hotel, kereta, dsb) dan bentuk fisik yang pernah saya dapet sih kaos kaki dengan logo Google Local Guide. Namanya Perks of Being Local Guide alias Untungnya Jadi Local Guide.

Jadi, Google menerapkan sistem level-levelan alias tingkatan bagi setiap Local Guide berdasarkan banyaknya kontribusi yang sudah diberikan, sampai yang tertinggi level 10. Dan kayaknya sih gift yang dikasih itu tergantung sama tingkatan ini. Jadi, gift apa aja sih yang pernah saya terima dari Google Local Guide ini? Yah, meskipun bukan yang wah-wah banget tapi saya seneng sih ngerasa bahwa kontribusi saya diapresiasi sama Google. Eventually, ini semacam booster biar makin semangat nge-review. Well, Thank you, Google! And keep it up hehe ^_^

  • Google Local Guide Socks

Kaos kaki ini jadi gift pertama yang saya dapet waktu baru naik ke level 6. Waktu itu lumayan lama sampai keterima paketnya, sekitar sebulanan kalau gak salah. Dan sampai sekarang kaos kaki ini masih saya simpan. Pengennya sih besok-besok dikasih kaos atau topi atau badge GLC gitu #ngarep 

  • Voucher Airy Rooms


Nah, setelah pertama kali dapet gift yang kaos kaki itu setelahnya hampir setiap bulan Google ngirimin perks lainnya. Yang kedua ini saya dapet voucher potongan nginep di Airy Rooms. Kebetulan ada satu hotel semacam villa di atas danau atau kolam gitu yang waktu itu saya pengen banget staycation di sana dan kebetulan ada di Airy Rooms. Gak menyia-nyiakan kesempatan dong dan jadi salah satu tempat yang saya pikir worth it banget. Mungkin bakalan saya tulis review-nya di post lain.

  • Redbus Discount Voucher

Berhubung saya suka pergi ke Malaysia dari Singapore dan naik bus (baca di sini) dan biasanya booking di redbus, seneng dong pas dapet voucher begini. Yang biasa traveling naik bus di Malaysia dan Singapore pasti mafhum banget sama yang satu ini. Jadinya lumayan banget ngurangin budget transportasi.  



  • Train Ticket Tokopedia


Sebenernya voucher gift dari Google yang satu ini gak bakalan kepake, secara di Batam gak ada kereta dan gak ada rencana buat ke Jawa juga dalam waktu dekat-dekat ini. Jadi perks yang satu ini bisa dibilang gak menguntungkan buat saya lol. Tapi kalau yang dapet ini local guide daerah Jawa atau yang di daerahnya ada keretanya, ini bakalan kepake banget. Mungkin ada yang mau, dm please!

  • Flight Discount Tokopedia


Berhubung Google Local Guide itu sesuatu yang mostly berhubungan banget sama hal-hal yang berbau traveling, diskon tiket pesawat gak ketinggalan deh. Lumayan dong diskon 100 ribu. Udah ngecek-ngecek harga tiket sih cuma gak sukanya kalau di tokped musti log in dulu walaupun cuma ngecek harga doang. Agak malesin.

  • One Night Free Stay OYO


Sebelum dapet gift ini, kayaknya saya belum pernah denger aplikasi OYO ini LOL. Ternyata dia ini aplikasi booking hotel semacam Airy atau Zen Rooms atau RedDoorz gitu. Yang ini lumayan sih secara rata-rata harga hotel banyak yang di bawah itu jadi kemungkinan besar gak perlu nambah bayar lagi ntar pas dipakai. Alias gratis dan gak ada minimum stay pula. Lumayan buat staycation :)

  • Google Connect 2019 


Dan tentunya ada satu perks yang paling diidam-idamkan seluruh Google Local Guide di seluruh dunia. Tak lain tak bukan adalah event tahunan Google yang dihadiri perwakilan local guide dari berbagai negara di dunia termasuk Indonesia yang terpilih, yang tahun ini itu namanya Google Local Guide Connect Live 2019 di California. Yang tentunya local guide terpilih bakal dibiayain seluruh akomodasinya selama di sana.

No comments:

We may share everything which is good rite here. Please behave by giving good comment without any discrimination. Thanks..... ;)

Powered by Blogger.