Ke Melaka (lagi)! Nyobain Melaka River Cruise

2:03 PM
Saya mikirnya gak usah jauh-jauh deh perginya kali ini, soalnya waktunya gak memungkinkan buat liburan ke Langkawi pas Chinese New Year Februari kemarin. Jadilah dialihkan buat ke Melaka (lagi) daripada gagal sama sekali. Kebetulan liburan yang lalu saya belum sempet nyobain River Cruise-nya dan diagendakan (Alhamdulillah) kesampean di liburan kali ini.

Oceanna Ferry (Harbour Bay to Berjaya Waterfront)
Kayak biasanya naik ferry dari Batam dengan tujuan Berjaya Waterfront atau Stulang Laut, tapi pelabuhan yang Harbourbay dengan kapal ferry Oceanna dengan harga tiket 390k/orang udah include port tax Batam tapi belum termasuk port tax dari Malaysia sebesar RM21. Dan ternyata ferry-nya gak nyaman duh pake banget!
Untuk harga segitu ngarepnya dapet ferry yang besar, seat-nya lega dan nyaman tapi ternyata agak jauh dari ekspektasi awal. Jangan bayangkan sama kayak ferry ke Singapore ya. Saya gak tau sih kalau ferry yang ke Johor dari Batam Centre, tapi dulu saya pernah naik ferry dari Harbour Bay ke Puteri Harbour juga super nyaman kok tapi sayangnya sekarang udah gak beroperasi lagi :(

Ferry Oceanna ini ukurannya lebih kecil, dan waktu itu kayaknya kebetulan ombak lagi tinggi banget jadilah sepanjang kurang lebih 2 jam itu isi perut kerasa keaduk-aduk. Saya yang biasanya gak pernah mabok laut jadi tiba-tiba pengen pingsan. Akhirnya saya akalin dengan tiduran di seat-nya (yang gak bisa dibilang nyaman) untuk ngeredain rasa pusing dan mual. Saya bertekad gak bakalan naik ferry itu lagi. Period.

Terminal Bus Larkin Sentral

Setibanya di Berjaya Waterfront yang waktu antrian imigrasinya sepi banget, jadi gak perlu berlama-lama di sana. Selesai beli SIM Card, langsung order Grab ke Terminal Bus Larkin dengan tarif RM11 perjalanan sekitar 15 menit. Larkin ini sebenernya udah berbenah sih dari sekitar 2 tahun lalu saya ke sana, udah ada self-ticketing machine-nya segala jadi kita bisa beli tiket sendiri langsung di mesin tapii oh tapi habis beli tiket mesti ke konter lain lagi yang dilayani petugas buat tuker tiket yang tadi dengan Boarding Pass. Terussssss mesti nunggu sampai 5 menit sebelum jam keberangkatan baru boleh masuk ke Lounge. Dan sebelum masuk ke ruang tunggu itu kita mesti berdesak-desakan dengan bejibun manusia di mana gak ada satupun tempat duduk disediain! Belum lagi petugasnya gak helpful malah kesannya demen ngomel. Duhh....

Dan penderitaan belum selesai karena SUDAH SANGAT UMUM bus-bus dari Larkin ini ngaret! Nyeseknya lagi gak diinformasikan ke penumpang alasannya mungkin karna saking udah biasanya kali ya. Jadi kita mesti aktif sendiri nanya-nanya ke petugasnya kalau gak mau clueless. Pas bus dateng pun, petugas bilang gak ada informasi apa-apa padahal waktu kami langsung jalan ke boarding platform penumpang udah pada naik. Lucu aseli!! Kondisi bus pun cukup memprihatinkan ya tapi masih bisa ditolerirlah cuma agak keganggu sama bunyi deritan mesin alhasil gak bisa tidur.

Sekitar 3 jam perjalanan dari Johor Bahru ke Melaka. Kami sampai sekitar jam 10 malam, order Grab lagi buat ke hotel. Namanya Hotel Orkid, hotel ini lumayan banget sih rate-nya, kami booked 3 malam kurang dari sejuta karena dapet promo dari Misteraladin. Udah termasuk sarapan dan ada bathtub pula (anyway bathtub penting buat berendam habis kecapekan jalan lol), ruangannya luas, breakfast-nya juga enak banget nasi gorengnya. Saya juga lumayan impressed sama interior lobi hotel ini. Minusnya hotspot-nya lemot dan mesti jalan sekitar 10 menitan ke daerah Jonker Walk atau pusat atraksi di Melaka. Kalau naik Grab sih bayar RM6.


Malacca River Cruise

Berhubung kebanyakan atraksi atau tempat wisata awam di Melaka udah saya jelajahi waktu traveling di post sebelumnya, jadi gak akan saya ceritain lagi di post ini. Jadi langsung aja ke pengalaman menjajal (duileh) Melaka River Cruise. Akhirnya kesampean juga naik cruise keliling sunga Melaka ini. Admission fee-nya RM30/orang buat turis, kalau lokal sih cuma RM25 kayaknya CMIIW.

Kami lebih milih naik cruise pas malam hari karena view-nya bakalan lebih cantik dibandingin siang hari, buat saya ya. Tapi sebenernya tergantung preferensi masing-masing sih, bagi yang mau dapetin feel pemandangan muralnya Melaka (yang makin colourful sekarang) bisa naik yang siang hari tapi bagi yang suka pemandangan lampu-lampu cantik bakalan jatuh cinta kalau naiknya malam. Kenapa? Karena semburat lampu-lampu warna-warni itu hasilnya cantik banget refleksinya ke air sungai. Trip Melaka river cruise ini kurang lebih memakan waktu 30 menit.

Akhirnya liburan selama 3D2N itu berakhir juga. Pagi-pagi habis sarapan kami order Grab lagi dari Hotel Orkid ke Larkin dengan biaya RM9. Untungnya bus yang dari Larkin ke Johor Bahru ini jauh lebih nyaman dibanding bus waktu pergi. Tiba di Larkin, gak buang waktu langsung ke IKEA Tebrau yang jarak tempuhnya sekitar 20 menit dari Larkin dengan tarif RM13. Khusus IKEA ini bakalan ada di postingan lain.

The beautiful Sungai Melaka

Di dermaga Cruise

Cruise mulai bergerak (Menara Taming Sari in frame)

Mural juga tetap kelihatan cantik dengan lighting

Penampakan mural di siang hari


Cafe di sepanjang sungai Melaka






1 comment:

  1. How to Play Slots Online | Casinogames777.com
    A real money slot machine is mini billiards table a five-reel reel slot machine that combines 토토 사이트 추천 a combination 검증사이트목록 of five different reels with a very high payout 레드 벨벳 러시안 룰렛 rate. The 오산 휴게텔 slot game

    ReplyDelete

We may share everything which is good rite here. Please behave by giving good comment without any discrimination. Thanks..... ;)

Powered by Blogger.