Back to Nature di Pulau Ubin

11:05 AM

Pulau Ubin ini kayaknya terkenal banget bagi orang-orang Singapore yang lagi bosen sama suasana kota yang bustling alias super riweuh alias rame alias padat dan alias-alias meh lainnya.
Jadi kita cuma perlu nyebrang dengan boat yang dikelola orang lokal di Pulau Ubin berhubung kondisi boat-nya yah sangat sederhana. Ongkosnya SGD 3 sekali jalan. Murah. Lama perjalanan kurang dari 10 menit.

Boat yang membawa ke Pulau Ubin
Kami sampai sekitar habis jam makan siang, lagi panas-panasnya lol. Sesampai di sana, kami bergegas nyari sewaan sepeda buat dipakai menuju lokasi campsite yang lumayan jauh dari pelantar tempat boat berlabuh tadi sekaligus yah buat jalan-jalanlah, explore around gituhh.


Setelah nanya-nanya dan tentunya tawar menawar, kami akhirnya dapet sewa sepeda SGD10/orang dari ayi yang super ramah. Saran nih mendingan coba cari lokasi penyewaan sepeda yang agak jalan ke dalam jangan yang pas pertama deket dari pelantar karena lebih mahal haha. Di sana kami tanya SGD8 per hari dan mesti dipulangin hari itu juga jam 5 sore jadi kalau dipulangin besok totalnya SGD16. Sedangkan yang kami dapet itu SGD10 buat dipulangin besok sorenya, jadi kalau dihitung SGD5/hari. Mana kami boleh nitip barang pula pas mau survei nyari tempat kemping yang pewe.

Ada 3 campsites di Pulau Ubin ini, Jelutong, Mamam dan Endut Senin campsites. Awalnya kami survei ke Jelutong duluan, area kempingnya luas dan udah lumayan banyak orang yang bikin tenda cuma sayangnya area kejauhan dari toilet. Nasib orang beseran, kemanapun gak bisa jauh-jauh dari toilet.
Berhubung ngerasa lokasi Jelutong ini gak cocok, kami cus cabut ke Mamam campsite. Letaknya cukup jauh dari Jelutong dan jalannya itu meskipun aspal nan mulus, banyak tanjakannya haha. Jadilah setiap jalan nanjak, saya turun nenteng sepeda tapi beneran deh gak nyesel mesti jalan sejauh itu karena bisa ngerasan atmosfir hutan yang menenangkan jiwa lol.


Lucky us, pas tiba di Mamam ternyata gak begitu banyak orang yang mau kemping cuma ada satu keluarga yang kayaknya lagi ada celebration something gitu. Mungkin juga karena Mamam ini gak seluas Jelutong tapi poin plusnya dong sebelahan sama toilet hehe. Perfect bet lah ini..

Shortly, habis nenda kami lanjut bikin api buat masak makan malam. Masak apa? ya mi lahh pake telor ceplok. Kelar mandi dan bersih-bersih, kami cuma ngobrol sambil maskeran dalam tenda dan akhirnya ketiduran dengan ditemani suara ombak wkwkwkwk, berhubung karena emang kami ngediriin tendanya pas di samping pembatas antara laut sama tanah. 

Sebelum hari gelap, kami punya waktu buat keliling dulu sepedaan dan berhenti di Check Jawa Wetlands. Di sini ada semacam trail di atas laut yang lumayan panjang menguras tenaga kalau diikutin sampai ujung, jadilah cuma setengah jalan. Dasar malas kamu!

Tapi kita gak boleh bawa sepeda masuk ke area ini jadi semua sepeda mesti diparkir di luar gerbang. Nah, di dekat gerbang ini banyak banget monyet-monyet yang akur entah nyari makan entah santai-santai sama induk dan anak babi. Sumpah, itu pengalaman liat babi live hahahah. NORAK.




Saat itu bawaan saya ada 1 tas yang isinya asupan makan kami nanti malam, air mineral dan kacamata. Saya memutuskan buat ninggalin aja air minum sama kacamata di keranjang sepeda. Dan.... pas balik-balik saya bingung kok pada hilang setelah ditelusuri itu ulah siapa? Yakk, si monyet-monyet nakal! Botol air minum udah hancur diremas-remas sama mereka, untung kacamata saya gak dibawa kabur, cuma dilempar ke tanah. Eh tapi waktu saya mau naroh tas di sepeda, seekor monyet tiba-tiba langsung mau nyamber tasnya dong! Welehh, dasar monyet!! 

Untung sigap diusir kalau gak alamat kelaperan malamnya. Tapi kalau diingat lagi, momen itu lucu banget. Pas di marahin, dia lebih ngegas pake mendesis pula. Belum lagi kawanannya sibuk pengen nyolong kaleng minuman pas kami lagi nyantai sebentar di dekat area tadi. Beneran gak bisa meleng dikit :(
Bahkan petugas polisi di area kedatangan juga mengingatkan buat gak ngasih makan hewan-hewan penunggu Pulau Ubin ini karena mereka bisa jadi agresif ke turis. Jadi hati-hati yah!

Entah ini pelakunya atau bukan :P
Ini rekan sejawatnya
Kapan-kapan pasti saya pengen balik ke Pulau Ubin lagi mungkin nyobain kemping di campsite lain. Gimana gak cinta kalau pas bangun-bangun disuguhi pemandangan laut pas di depan mata :D

No comments:

We may share everything which is good rite here. Please behave by giving good comment without any discrimination. Thanks..... ;)

Powered by Blogger.