5 Tips Jitu Berburu Promo Tiket Pesawat

11:41 AM
Mendapatkan tiket promo atau diskon merupakan satu hal yang membahagiakan bagi kebanyakan orang, tak terbatas siapapun dan bagaimana pun kondisinya. Iyaa, tak terbatas pada mereka yang memiliki kemampuan finansial membeli tiket kelas ekonomi ataupun kelas bisnis pasti tetap mengidamkan promo atau diskon. Istilahnya, membayar sesedikit mungkin untuk sesuatu yang diinginkan/dibutuhkan. That's why everybody loves discount, so do I. Do you? I bet you do!

Bahkan bagi kebanyakan orang yang merencanakan perjalanan, berburu tiket pesawat merupakan bagian menyenangkan dari perjalanan itu sendiri. Mereka bilang berburu tiket (khususnya tiket pesawat) itu seni. Kok bisa ya? Ya gimana gak bisa, mengingat ongkos akomodasi tiket perjalanan merupakan salah satu yang menelan pengeluaran paling besar. Jadi gimana gak menyenangkan jika berhasil mengurangi pos yang satu ini. Alhasil bagian di mana buru memburu tiket pesawat promo/diskon bagi banyak traveller (dan saya) menjadi seni yang sangat dinikmati. XOXO

Dokumen Pribadi

Dari sepanjang perjalanan mencari promo tiket pesawat, setidaknya ada beberapa hal yang menjadi agenda wajib yang saya lakukan yang akan dibagikan dalam artikel ini. Well, yeah saya biasanya mencari tiket kebanyakan tidak dalam rangka travelling tapi hanya pada saat momen saya harus bepergian karena ada acara atau keperluan. Saya juga gak pernah dapat tiket yang sangat-sangat desperately cheap semacam kursi gratis atau fare Rp0 dari maskapai seperti Air Asia, karena memang dari kota saya tidak tersedia penerbangan maskapai ini. Tapi yang ingin saya bagikan di sini adalah bagaimana mendapatkan tiket pesawat dengan harga promo/diskon dari harga umum yang ditawarkan. Loh kok bisa? Dari mana? Nah, berikut ini dijabarkan...


Tips #1 Belangganan/Subscribe Newsletter

Setiap berhasil menemukan situs booking tiket yang rajin ngasih promo, pasti dengan senang hati saya akan mendaftarkan alamat email untuk dikirimi newsletter terbaru. Ya tentunya apalagi kalau bukan info diskon atau tiket promo, dan biasanya tidak pernah berakhir mengecewakan. Terkadang mereka memberi promo bertepatan dengan tanggal saya berangkat. Intinya kamu jadi tahu info paling update. Ini menguntungkan banget apalagi kalau promo yang diberikan hanya terbatas dengan kuota sekian. Banyak orang mengeluh menuh-menuhin email aja, ya kalau gak mau penuh kalau sudah tahu bakalan gak diperlukan ya bisa langsung delete toh. So simply, you just need to be proactive.

Tips #2 Manfaatkan Situs Pembanding (Air Fare Search Engine) 

Kalau malas mengunjungi satu-persatu situs booking tiketnya atau situs airline-nya langsung, ada banyak jalan menuju Roma ada alternatif pencarian via situs pembanding. Situs pembanding harga tiket pesawat ini bekerja seperti search engine yang menghimpun dan membandingkan harga tiket yang ditawarkan beberapa situs booking tiket online. Biasanya terstruktur dari harga tiket terendah hingga yang paling tinggi. Beberapa yang populer seperti Skyscanner, Kayak dan Google Flight. Berbeda dengan situs booking tiket, situs ini hanya membandingkan harga tiket dan proses pemesanan selanjutnya akan dialihkan ke situs booking-nya.

Tips #3 Update Social Media dan Travel Fair

Bagi kamu yang memiliki akun di social media seperti Facebook, Twitter, Instagram dll disarankan untuk follow akun-akun situs booking tiket atau maskapai/airline. Tujuannya tentu tak lain dan tak bukan supaya kamu update informasi promo/diskon terbaru. Mekanismenya sama dengan berlangganan newsletter website, bedanya hanya media penghubungnya di mana newsletter dikirim via email sedangkan di social media akan muncul update di timeline. Jadi timeline sosmed kamu gak melulu isinya postingan galau-menggalau kan? :P
Selain itu biasanya sering juga diadakan pameran atau Travel Fair yang diselenggarakan oleh maskapai tertentu dengan harga tiket yang didiskon hingga 50%. Jika ada bazaar tiket semacam ini di kotamu, jangan segan-segan untuk berkunjung. Mungkin saja tiket incaranmu sedang didiskon habis-habisan. :P

Tips #4 Manfaatkan Kartu Perbankan

Ada banyak kartu perbankan yang berafiliasi dengan maskapai penerbangan dan perusahaan penyedia booking tiket. Bisa dengan simulasi pemberian poin (reward mileage) yang bisa ditukarkan dengan tiket gratis dengan syarat jumlah pembelajaan tertentu menggunakan kartu debit dan/atau kartu kredit Bank yang bersangkutan ataupun diskon dan gratis lounge/ruang tunggu di bandara hingga fasilitas installment cicilan 0%. So, aktiflah mencari info sebanyak-banyaknya mengenai keuntungan yang diberikan oleh Bank penerbit kartu yang kamu punyai. 

Tips #5 Daftar Price Alert

Jika kamu sedang merencanakan perjalanan dan sudah memiliki tanggal pasti keberangkatan, ada pilihan fitur yang dapat membantu kamu menemukan harga tiket terbaik. Yapp, fitur price alert atau reminder yang berfungsi mengirimkan informasi update harga tiket secara kontiniu hingga tanggal yang diinginkan apakah harganya sudah turun atau justru sedang naik. Di samping itu, kamu juga dapat mengatur batasan harga yang kamu inginkan. Misalnya kamu menginginkan tiket dengan range harga di bawah 500 ribu, jika ternyata tiket sudah turun di bawah nominal tersebut maka price alert akan dikirimkan ke email kamu. 

Well, setidaknya itu 5 tips jitu yang kalau diterapkan bisa berpotensi besar mendapatkan buruan tiket promo atau diskon. After all intinya mesti tekun dan rajin mencari informasi because it takes effort to make things work ;)

No comments:

We may share everything which is good rite here. Please behave by giving good comment without any discrimination. Thanks..... ;)

Powered by Blogger.