Buah-buahan untuk Campuran Infused Water

Howdy? How are you doing on May?

Setelah menghabiskan liburan Mayday atau Hari Buruh Internasional yang lumayan panjang, kembali ke rutinitas baik seperti semula. Gimana semangatnya hari ini? Ketika salah seorang rekan ditanyai, jawabannya capek. Wajarnya saat liburan pasti menghabiskan waktu untuk berekreasi atau travelling yang tentunya sedikit banyak menguras energi terutama cairan tubuh yang ujungnya bisa mengakibatkan dehidrasi. Duh..

Ngomongin soal ini jadi teringat dengan rutinitas baru yang baru saya mulai satu bulan lalu karena kayaknya sering banget dehidrasi aka. kehilangan cairan tubuh. Gejala yang paling sering terlihat itu mulai dari sakit kepala, tubuh terasa lemas dan yang paling mengganggu adalah bibir kering. Gak banget ya soal bibir kering ini. Pakai lipstik gak nyaman sama sekali bahkan parahnya kadang sampai kulit bibir terkelupas. Gosh..

Dokumen Pribadi

Singkatnya, karena alasan-alasan di ataslah saya mulai rutin untuk mengkonsumsi infused water. Setelah mencari informasi dari berbagai sumber ternyata infused water ini berguna banget untuk mengatasi dehidrasi. Dengan memasukkan berbagai potongan buah segar ke dalam air akan memberikan rasa ke dalam air minum sehingga menambah mood untuk mengkonsumsi air. Say bye to dehydration!

Nah, apa saja sih buah-buahan yang bisa digunakan untuk dibuat Infused Water?
  • Citrus (Jeruk, Lemon, dan Jeruk Nipis)
Sudah umum kalau kategori buah yang termasuk citrus memiliki rasa asam dan segar sehingga cocok digunakan sebagai campuran Infused Water. Tapi perlu diingat untuk tidak mencampurkan buah-buahan ini terlalu banyak. Dari pengalaman saya biasanya hanya perlu sekitar 4-5 irisan jeruk atau lemon atau jeruk nipis dicampurkan ke dalam 1 Liter (1000 ml) air. Bisa juga dicampurkan dengan irisan buah lain yang memiliki rasa manis untuk menetralisir rasa asam dari buah-buahan citrus. Sedikit tips jika ingin menghilangkan rasa pahit maka perlu untuk mengupas kulitnya dan menyisakan 1-2 irisan dengan kulit agar tampilan infused water tetap cantik.

  • Apel dan Pir
Apel terdiri dari dua yaitu apel merah dan apel hijau. Keduanya bisa digunakan untuk campuran infused water tapi saya lebih memilih apel merah karena cita rasanya yang manis dan memberi khas wangi apel yang enak saat diminum. Buah apel dan pir biasanya saya campurkan bersamaan dengan buah-buahan citrus untuk menetralisir rasa asam ataupun jika saya sedang ingin membuat minuman infused water dengan rasa yang lebih manis maka cukup menggunakan apel/pir yang dicampurkan dengan kayu manis atau irisan buah manis lainnya. 
Namun yang perlu diperhatikan adalah buah apel sangat mudah berubah warna, bentuk dan rasa dengan cepat terutama jika minuman diletakkan pada suhu ruangan. Jadi biasanya untuk mengakali hal ini, saya akan mengganti irisan buah apel/pir 2-3 jam sekali jika ditaruh pada suhu ruangan sedangkan jika disimpan dalam lemari es maka bisa bertahan hingga 5-6 jam.

  • Strawberry
Buah yang merupakan keluarga arbei ini menjadi favorit saya. Strawberry memberikan tampilan dengan warna yang cantik pada minuman serta teksturnya yang awet hingga lebih dari 8 jam di suhu ruangan. Biasanya warna strawberry akan perlahan memudar dikarenakan larut dalam air. 

  • Kiwi
Buah kiwi merupakan buah yang memiliki campuran dari cita rasa manis dan asam tanpa berlebihan. Yang saya suka rasanya seimbang. Penampilannya juga cantik dengan warna hijau terang, hanya teksturnya yang lunak. Tapi dari pengalaman, biasanya buah kiwi bisa bertahan hingga 8 jam di mana akhirnya buah ini teksturnya akan menjadi semakin lembek tetapi tidak sampai hancur di dalam air.

  • Melon dan Semangka
Baik melon maupun semangka sama-sama tipikal buah yang memiliki kandungan air banyak. Tentunya sangat cocok dijadikan campuran infused water karena memberikan aroma dan rasa yang manis sehingga menjadikan air semakin nikmat diminum.

  • Jahe
Well, jahe memang bukan buah-buahan melainkan umbi-umbian. Tapi gak apa-apa ya dimasukkan karena umbi yang merupakan salah satu bumbu masak ini sangat enak untuk dijadikan campuran minuman. Baru tahu ternyata jahe gak cuma bisa jadi wedang tapi juga campuran infused water. Saya suka infused water yang diberi jahe akan memiliki aroma wangi khas jahe yang enak dan membuat minuman terasa hangat saat masuk ke tenggorokan.

  • Nanas
Nah, dari banyaknya artikel yang pernah saya baca sepertinya saya belum menemukan nanas dijadikan pilihan sebagai campuran infused water. Jadi dari inisiatif untuk mencampurkan potongan nanas ke dalam campuran air, saya menemukan rasa infused water yang enak di mana rasa manis dan segar bercampur dalam satu gelas. Paduan yang apik. Pilihlah nanas matang yang teksturnya masih keras dan jangan terlalu lembek karena akan larut dalam air yang membuat air menjadi terlihat keruh atau tidak bening.

Dokumen Pribadi

Well, that's all beberapa referensi buah yang bisa dijadikan infused water. Nah, untuk kamu yang rasanya malas minum air karena rasanya yang plain atau tanpa rasa bisa mengakali dengan mencampurkan potongan buah-buahan favorit kamu sebagai alternatif. 

Eat Good, Drink Enough, Stay Healthy!

No comments:

We may share everything which is good rite here. Please behave by giving good comment without any discrimination. Thanks..... ;)

Powered by Blogger.